98yh323cwq

5 Jenis Kamera Berdasarkan Fungsinya

Pada saat ini terdapat banyak sekali jenis kamera yang memiliki fungsi yang berbeda pula. Dengan banyaknya jenis kamera yang berbeda dapat digunakan oleh para professional dan amatir. Jenis kamera hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran serta berguna untuk berbagai jenis fotografi. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis kamera berdasarkan fungsinya.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex)

Kamera DSLR atau kamera refleks digital miliki dua karateristik mendasar. Yang pertama jendela bidik refleks, artinya bahwa ketika kita melihat melalui jendela bidik, kita dapat melihat tanpa penundaan jenis apapun dalam pemandangan. Ini dihasilkan berkat cermin yang ditempatkan 45 dan pentaprisma yang mengalirkan dan membalikkan gambar sehingga kita dapat melihatnya dengan benar melalui jendela bidik. Arti dari pentaprisma sendiri ialah….

Karakter kedua adalah sensor gambar. Materi fotosensitif yang merupakan negatif pada kamera analog diubah menjadi sensor digital yang terdiri dari piksel dalam kamera digital. Biasanya sensor ini bertipe CCD (Charged-Coupled Device) atau CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) dan mereka lah yang bertugas untuk mempertahankan gambar.

Kamera Mirrorless

Pengertian dari kamera mirrorless itu sendiri adalah kamera yang tidak memiliki reflek mirror. Tanpa cermin refleks, maka cahaya dapat langsung melewati lensa dan menuju ke sensor digital yang ada. Screen atau layar berfungsi sebagai peninjau objek yang hendak dipotret.

Fitur ini cukup bermanfaat untuk fotografer yang ingin menghindari “chimping”. Secara singkat, chimping merupakan kegiatan fotografer yang sering melihat kamera berulang-ulang. Pada saat pertama kali kamera mirrorless diperkenalkan ke public, kamera ini tidak dianggap sebagai kamera yang dapat dipertukarkan. Namun pada zaman sekarang, ada banyak modifikasi dan penyempurnaan untuk jenis kamera ini sehingga peminatnya pun bertambah.

Kamera Analog/Film

Kamera film atau analog memang sedikit terlihat kuno pada zaman sekarang, namun tetap banyak peminat yang menyukai kamera kuno. Kamera analog sempat dianggap mati, namun bisa bangkit kembali, salah satu faktor pendukungnya oleh Instagram. Semakin banyak fotografer yang menemukan kesenangan adiktif dari pemotretan analog, sensasi alkimia yang tidak dapat ditemukan dengan format megapixel. Dan karena kamera ini kuno, maka tidak banyak aksesoris dan lensa yang tersedia dipasaran.

Kamera Underwater

Biasanya kamera ini digunakan untuk menangkap moment atau panorama didalam air. Kamera ini dapat digunakan untuk pemotretan seperti berenang, snorkling atau kendaraan bawah air. Banyak kamera jenis ini dijalankan secara otomatis atau jarak jauh. Dengan kemajuan teknologi, beberapa smartphone telah dirancang dengan casing submersible, sehingga memungkinkan untuk mengambil gambar dibawah air. Serta ada kamera khusus yang dirancang untuk digunakan dibawah air seperti kamera underwater ini.

Kamera Medium Format

Kamera Medium Format adalah kamera apapun dengan sensor atau lebar jendela film sekitar 55mm dan kamera yang berbeda memiliki panjang yang berbeda pula dalam setiap gambar. Ukuran film yang umum digunakan disebut dengan 120 film dengan fasilitas sebuah gulungan. Kamera jenis ini memberikan gambar dengan kualitas terbaik dari deretan jenis kamera lainnya. Ini yang menjadikan kamera medium format sebagai pilihan paling popular di kalangan fotografer professional untuk menghasilkan produk berkualitas.

Scroll to Top